Diary of an IT Guy

Keep learning, stay relevant!

Setting Software UPS Monitoring UPSilon 2000 di UPS ICA SE3000

with one comment

Baru aja beli UPS baru type ICA SE 3000 (3000 VA, 2200W) untuk peremajaan UPS ICA sebelumnya yakni RN 2000 yang sudah uzur (running sejak 2005).

UPS yang baru ini akan dipasang di ruang server. Satu hal yang user bahkan orang IT lupakan adalah memasang software UPS monitoring sehingga bisa connect antara server dan UPS. Jadi just in case listrik mati dan batere UPS menyentuh batas low (misal 10%), maka software ini akan bertugas untuk mematikan (shutdown) server dengan segera sebelum power benar-benar habis.

Kacau kalau misalnya server mati mendadak tanpa proses shutdown yang smooth. Bisa-bisa system file di server rusak atau bahkan hardware servernya bisa rusak.

Nah oleh karena itu penting sekali untuk install software UPS monitoring ini. Kebetulan software bawaan UPS ICA SE3000 ini namanya adalah UPSilon 2000.

Jadi kabel USB atas kabel serial bawaan UPS dicolokin ke server dan ke UPS. Abis itu kita install software UPSilon ini. Setelah install pastikan di menu setting kita pilih tipe koneksinya apakah: USB, Serial, Slave, dsb.

Ini adalah beberapa screenshotnya.

Hope this helps!

Written by isal

24 Desember 2013 pada 19:29

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. masternya ada kah pak ? boleh copy ?

    Mochamad Agung Tarecha

    14 September 2018 at 16:27


Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.